http://www.makepovertyhistory.org THE ROAD TO PARADISE: E - Goverment
NAVIGATION: | HOME| | ABOUT ME | | ABOUT LOVE | | TIPS N TRICKS | | DOWNLOAD |

Jumat, 19 Desember 2008

E - Goverment

Wah wah wah, setelah ada e-commerce, e-learning, e-book, sekarang ada lagi e-goverment. Berkaitan erat dengan artikel Bank Data Nasional yang telah saya tulis sebelumnya. E-goverment disini maksudnya pelayanan pemerintahan yang dapat diakses secara online melalui internet. Tujuannya, tentu saja untuk meningkatkan hubungan pemerintah dengan pihak-pihak lain. Dengan penggunaan Teknologi Informasi ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah-masyarakat sipil, pemerintah-pengusaha, pemerintah-agensi perhubungan.

Seberapa penting adanya e-goverment ini dan sudah sejauh mana penggunaannya di Indonesia? Di zaman yang sudah serba cepat ini, sistem birokrasi di Indonesia masih saja bertele-tele. Saya pribadi pernah mengalaminya sewaktu mengurus pembuatan KTP, prosedurnya ribet banget! Kalau mau cepat harus ada uang pelicinnya, sekitar Rp.20.000,00-Rp100.000,00. Itukan lembaga pemerintahan dimana seharusnya yang menjadi raja adalah masyarakat, tetapi kenyataannya? Dan juga dengan adanya sistem terpola ini diharapkan tidak ada lagi orang yang memiliki identitas ganda.

Sudah saatnya Indonesia mempunyai banyak layanan pemerintahan online yang berbasiskan web. Dengan adanya e-goverment masyarakat atau perusahaan tidak perlu lagi harus menunggu kantor pemerintahan dibuka, karena e-goverment ini melayani servis 24 jam nonstop!. Pemberdayaan masyarakat dari hasil yang mudah diperoleh, contoh : data-data tentang Universitas (kapasitas yang tersedia, fakultas/jurusan apa yang dibuka, serta tingkat akreditasnya, dll) dengan ini dapat membantu orangtua yang sedang pusing memilih Universitas yang cocok untuk anaknya. Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. Adanya keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari kesemua pihak. Kedepan diharapkan adanya tanya jawab, koordinasi, diskusi melalui video conferencing.

Apakah sudah ada e-goverment di Indonesia? Sudah, semisal saja situs portal ini berisi informasi mengenai Indonesia secara umum. Juga, hasil pemilu 1999 secara online dan sistem perpajakan yang dapat dibayar secara online merupakan wujud implementasi e-goverment di Indonesia.

Adanya e-goverment ini tidak hanya jadi tanggungjawab pemerintah saja, masyarakat umum juga dapat mengorganisirnya. Dan e-goverment haruslah ter up to date serta data yan disampaikan haruslah relevan dan valid. Serta pemerintah harus segera menyosialisasikannya ke masyarakat, pengusaha maupun pelaku bisnis. Kapan harus dimulainya? "Sekarang donk, kapan lagi?!"

Terimakasih
Referensi :
-Membangun e-goverment, By : Budi Raharjo
-The World Bank Group, “E*Government Definition”.

0 komentar: